Kamis, 07 November 2013

Label Baju dan Merk

Tulisan kali ini akan bercerita sedikit tentang kaitannya label baju dan merk atau brand. Sekarang ini sedang marak dan tren pembahasan tentang branding atau merk. Banyak seminar atau workshop yang membahasa tentang tema tersebut. Tidak hanya di kota-kota besar, bahkan di kota kecil juga seringkali diadakan diskusi membahas tentang merk. Mulai dari cara mengurusnya, biayanya, sampai tips memilih nama yang bagus dan menjual, dibahas juga cara membuat logo dan cara membentuk citra perusahaan atau citra suatu produk
Seminar juga membahas tentang menyadarkan arti pentingnya sebuah produk mempunyai merk sampai dengan kemasan atau packaging yang menarik yang harus dimiliki suatu produk jika ingin produknya "dilirik" calon pelanggan ditengah kommpetisi produk sejenis.

Pesan Label Merk di Baju
Buat anda yang bergerak diusaha konveksi, garment, butik, distro tentu mengalami persaingan yang sangat ketat. Banyak orang mulai terjun ke dunia tersebut. Mudahnya orang untuk memulai usaha, ditambah mulai banyaknya seminar-seminar atau komunitas-komunitas pengusaha atau entrepereneur membuat orang sekarang ini menjadikan pengusaha menjadi suatu pilihan dan kebanggaan. Berbeda dengan jaman dahulu, yang banyak orang menjadi wiraswasta karena kepepet atau karena tidak ada pilihan lain selain itu.
Banyak orang mulai membuka usaha sejenis dan memproduksi barang-barang sejenis. Sehingga calon pelanggan yang akan membeli suatu produk tentu akan bingung dan semakin jeli dan cermat memilih suatu produk baju atau pakaian.  Harga tidak hanya menjadi pilihan dalam membeli akan tetapi sekarang ada beberapa faktor lain yang diperhatikan ketika pelanggan akan membeli suatu barang. Selain harga yang murah, biasanya pelanggan akan menilai pelayanan, kualitas, after sales service (layanan purna jual), dan juga brand atau merk.
Untuk bisa menjadi yang terdepan atau memenangi persaingan dan menjadi pilihan pelanggan, maka sebuah brand sangat perlu untuk diperhatikan. Dengan adanya label merk di produk baju / kerudung / gamis / batik / kaos maka orang akan semakin trust atau percaya dalam memutuskan pilihan untuk membeli barang yang dibutuhkannya.
Calon Pelanggan yang akan memilih suatu barang melihat suatu produk ada label merk tentu akan semakin yakin dan percaya akan kualitasnya. Calon pembeli akan berpikir bahwa produk ini dipersiapkan dengan serius dan sepenuh hati. Tidak asal-asalan.  Nah melihat persaingan sekarang.. Apakah anda masih menunda lagi untuk membuat label baju di produk Anda..???