Minggu, 28 Juli 2013

mengenal diri jalan untuk mengenal tuhan

Manarofanafsahu Manarofarobahu.....itulah kira-kira ayat dasarnya. mohon maaf saya kurang hafal, tetapi saya masih teringat dengan suara pak kyai tasawuf dari surabaya pas dengerin kajian tasawuf tadi. mengenal diri jalan untuk mengenal tuhan, demikian lah artinya. jadi ketika kita berusaha untuk mengenal diri itu merupakan sebuah jalan kita untuk lebih mengenal Allah.secara logika menurut saya sangatlah pas, jadi ketika kita mengenal ciptaan Allah termasuk diri ini, maka secara tidak langsung kita juga dalam proses mengenal Allah. mengenal adalah proses membaca IQRO. sangat pas dengan ayat pertama yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw. kita diharapkan selalu IQRA atau membaca. membaca tidak hanya ayat yang tersurat di dalam Al-quran , tetapi juga ayat yang tersirat dai alam semesta ini, termasuk apa yang ada di dalam diri.

Ada banyak cara dalam mengenal diri. setiap orang punya metode gaya masing-masing. sebenarnya bila dikupas ternyata masing-masing individu itu 100% unik dan punya pengalaman spiritual sendiri-sendiri. perjalanan hidup juga merupakan bagian dari perjalanan menuju Allah, kalau itu dimaknai secara spiritual. dalam sebuah kajian yang lain ada juga yang menyebut manunggaling kawulo lan gusti. manunggal itu bukan berarti satu, tetapi menyatu. ini artinya bahwa hamba dengan Allah itu sangat dekat, bahkan di dalam Al-quran pun dikatakan bahwa AKU lebih dekat daru urat lehermu. sangat dekat dan dekat sekali. memang Allah meliputi seluruh makhluk.

untuk mengenal diri ada juga yang saya sangat rekomendasikan yaitu di feeling navigator. buka websitenya
www.feeling-navigator.com. ini adalah PUSAT PENGEMBANGAN DIRI DENGAN MENGENAL DIRI. saya sudah baca ebooknya. sangat bagus sekali. bila beli akan juga mendapatkan CD dan hardcopynya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar